Login Login

Didi Chia

Dari Jakartapedia

Langsung ke: navigasi, cari
46a909f91cc5a666c1eecdd210e27fb2.jpg
Seorang pianis musik jazz, dengan nama Arthur F. Tjia, asli lahir di Manado, Sulawesi Utara, 12 Agustus 1933. yang akrab dipanggil Didi Chia belajar piano sejak berusia tujuh tahun pada seorang guru piano klasik, Ny. Stien de Vos, tapi terpaksa berhenti ketika terjadi PD II. Ia memiliki keistimewaan pendengaran yang tajam: untuk memainkan sebuah lagu, ia cukup satu kali saja mendengarkan. Usai perang, orang tua Didi mencarikan guru piano baru, tetapi ia tidak tertarik belajar musik klasik dan lebih suka memainkan boogie-woogie dan blues. Karena kemampuannya di jenis musik, kelak ia dijuluki "raja" boogie-woogie Indonesia.

Pada 1954, oleh orang tuannya dia dikirim ke Jakarta untuk sekolah, tapi ia tidak mau sekolah dan justru membeli sebuah sepeda, lalu berkeliling kota Jakarta, dan menonton semua bioskop. Film berjudul The Glown Miller Story ditontonnya sebanyak tujuh kali, demikian juga film The Benny Goodman Story. Pada awal tahun 1960-an Didi bertemu dengan Bill Saragih, lalu membentuk band bersama Herman Tobing dan Ivo Nilakresna sebagai penyanyi. Ketika Hotel Indonesia dibuka, pada 1962, Didi dan Bill main di Ramayana Restaurant. Bill bermain piano, sedangkan Didi memainkan vibrafon. Dan kalau Bill menyanyi, Didi main piano. Kemudian atas prakarsa Tim Kantoso, Didi dan Bill, mendirikan Jazz Riders. Anggota Jazz Riders ketika itu adalah Didi Chia, Hanny Joseph, Tess Lopis, John Apitule, dan Sutrisno. John Apitule kemudian digantikan oleh Oele Pattiselanno dan Perry Pattiselanno. Dalam grup ini Bob Tutupoli tampil sebagai penyanyi lagu-lagu standar jazz, ditambah lagu-lagu Harry Belafonte. Sementara itu, Bill Saragih sudah berangkat ke Bangkok.

Pada awal 1970-an, Didi Chia bersama Jack Lesmana, Benny Mustapha, Benny Likumahua, dan Oele Pattiselanno bergabung untuk memainkan musik gaya dixieland di Hotel Borobudur, Jakarta. Didi membuat rekaman Rest & Rilex dengan produser Karim Suweileh. Dia juga membuat rekaman bersama Luluk Purwanto, Elfa Secioria, Douglas de Vega, dan Oele Pattiselanno.